Pages

Sunday, March 27, 2011

TEMPURUNG BUAT IBU

Posted by diskusi yuks!!!! 5:30 AM, under | No comments

Hasan, anak satu-satunya Nenek Dullah. Mereka tinggal di desa kecil jauh dari kota. Hasan kecil dibesarkan hingga meraih gelar sarjana. Untuk membesarkan anak satu-satunya itu,  siang dan malam Nenek Dullah membanting tulang seorang diri. Semua itu dijalaninya demi cintanya kepada suaminya yang telah tiada sejak Hasan baru mulai belajar berjalan.

Mengingat ibunya yang telah tua, Hasan yang merasa dibesarkan, memboyongnya ke kota setelah disepakati oleh istrinya tercinta Minah.

Ketika Minah hamil, Nenek Dullah mulai sakit-sakitan dan bahkan muntah darah. Minah mendesak agar ibunya dibuatkan tempat terpisah, karena mungkin ibunya terkena TBC. Ia khawatir jika anak-anaknya lahir bisa-bisa tertular penyakit itu.

Dengan berat hati Hasan membuatkan gubug di belakang rumah dan meminta ibunya tinggal di situ. Meskipun tidak melek huruf Nenek Dullah cukup tahu diri, Ia menganggap umurnya adalah sisa-sisa kesenangan hidup yang telah dinikmati dan dilaluinya. Ia cukup bahagia melihat anak dan menantunya hidup bahagia, apalagi akan segera mempunyai cucu. Maka dengan senang hati Nenek Dullah tinggal di gubug di belakang rumah.

Mula-mula segala kebutuhan Nenek Dullah terpenuhi, namun lama kelamaan sering terlupakan. Makanan ditaruh di depan gubug dan Nenek Dullah mengambilnya dari dalam. Piring dan gelas pecah, Hasan lupa menggantinya. Dan akhirnya tempurung kelapa yang tergeletak di dekat gubuk dipungutnya untuk tempat makan dan minum Nenek Dullah.

Anak Hasan lahir laki-laki dan diberi nama Amran. Ketika mulai besar, ia dilarang bermain-main di sekitar gubug bahkan mendekat pun tak boleh.

Suatu saat Hasan dan Minah pergi, Amran di rumah sendirian. ia ingin tahu mengapa dilarang mendekati gubug. Ia mengintip ke dalam gubug dan terlihat ada nenek pucat berambut putih sedang berbaring.
Amran bertanya dan Nenek Dullah menjawab, bahwa Ia neneknya, ibu dari bapaknya.

       "Nek, bukakan pintu nek," pinta Amran.

Alangkah gembiranya si nenek, seolah darah segar menyiram wajahnya yang pucat, seketika menjadi berseri-seri karena girangnya.. Langkah lucu dan suara anak inilah yang selama ini dirindukannya. Amran heran dan bertanya mengapa neneknya makan dan minum hanya dengan tempurung. Neneknya menjawab.

        "Amran, nenek orang tua tidak usah pakai piring dan gelas, cukup pakai tempurung ini saja."

Amran kembali ke rumah selagi ayah dan ibunya belum pulang. Ia takut, kalau ketahuan pasti dimarahi.

Pada suatu hari Amran diajak Ayah dan Ibunya berjalan-jalan ke kota. Ia melihat tempurung di dekat selokan, teronggok di antara tumpukan sampah. Ia meminta kepada orangtuanya untuk mengambilkan tempurung itu, Permintaan aneh itu ditolak oleh Hasan dan Minah. Tapi sambil menangis Amran meminta terus agar diambilkan tempurung itu. Terpaksa ibunya mengambilkan lalu bertanya,

        "Amran sayang, untuk apa tempurung ini?"

Tanpa pikir panjang si kecil Amran menjawab,

        "Untuk tempat makan dan minum Ibu kalau sudah tua seperti nenek."

Hasan dan Minah sangat heran mendengar jawaban anaknya. Mereka bertanya,

        "Mengapa begitu?"

        "Bukannya nenek Amran yang tinggal di gubug belakang rumah, makan dan minum hanya pakai tempurung. Kalau ibu sudah tua akan Amran buatkan gubug yang jelek, dan tempurung ini untuk tempat makan ibu," jawab Amran polos.

Di siang cerah itu Hasan dan Minah seperti disambar petir. Mereka baru menyadari segala tingkah lakunya selama ini, yang menyia-nyakan orang tua dan mertuanya.

0 comments:

Post a Comment